Senin, 04 April 2011

Tips Mencegah Dan Mengobati Mata Minus

Tips mencegah dan mengobati mata minus

Untuk mencegah nambah minus :
1. Kurangi membaca buku yang ukuran tulisannya kurang dari 13. Misalnya buku novel.

2. Kurangi membaca di kamar yang agak gelap alias remang-remang. Juga kurangi kebiasaan begadang. Dengan begitu matamu akan baik-baik saja.

3. Jangan terlalu sering meng-akomodasikan mata. Nanti cepat capek dan minusnya bakal bertambah lagi.

4. Makan makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, mangga, apel, dll. Kalau suka dibikin jus saja. Minumlah setiap hari. Nanti khasiatnya akan terasa.

5. Kalau main komputer, jarak pandang minimal 60 cm. Lalu kalau nonton TV jarak pandang minimal 2 m. Kalau baca buku dengan jarak pandang minimal 30 cm, tetapi alangkah baiknya kalau membaca dengan jarak 40 cm. Tetapi kalau melakukan semua kegiatan diatas, waktunya dibatasi. Serta kalau yang komputer, mendingan layarnya dipasang anti-radiasi.

6. Kalau mata capek, lihatlah pemandangan dalam jarak jauh tanpa mengakomodasikan mata. Nanti capeknya akan berkurang. Nah ini yang takhayul : kalau mata capek, lihatlah benda yang berwarna hijau, nanti capeknya bakalan hilang. (mau percaya atau tidak silakan).

7. Jangan terlalu sering menggosok-gosokkan mata. Itu hanya menambah mata capek.

8. Bila melakukan kegiatan yang tidak memerlukan fungsi mata dengan keseluruhan, lepas saja kaca mata Anda (kalau memakainya).

9. Bila menggunakan kacamata, pilih yang gagangnya dan lensanya ringan. Supaya mata tidak cepat lelah.

Untuk menghilangkan minus:
1. Yang paling aman ya hanya operasi mata ke dokter yang ahli. Tetapi minta persetujuan dulu dengan orang tua.
2. Yang tidak aman ya menggunakan laser. Tetapi ada yang bilang kalau penyembuhan mata minus dengan laser hanya diperbolehkan bagi yang umurnya sudah lebih dari 17 tahun. Kalau yang dibawahnya, akan ada resiko buta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar